Selamat Datang di MTsN 40 Jakarta || Instagram dan Twitter : @mtsn40jkt || Email : mtsn40jkt@kemenag.go.id

0
  


Madrasah Tsanawiyah Negeri 40 (MTsN 40), mengajarkan pendidikan politik kepada siswanya melalui pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Hari ini, Selasa, 21 September 2015 pukul 07.30, PEMILU OSIS 2015 dimulai. 
Yadih, S.Pd Wakil Kepala MTsN 40 bidang Kesiswaan mengatakan, pemilihan ketua OSIS di Madrasah ini menyerupai pemilihan kepala daerah. "Memang dengan cara seperti ini mengenalkan peserta didik belajar politik," ucapnya.
Untuk menentukan calon ketua dan wakil ketua OSIS, dilakukan penyaringan terlebih dahulu. "Ada mekanisme, ada penyaringan calon ketua OSIS melalui beberapa tahapan, seperti wawancara, kampanye, dan penyampaian orasi visi misi kemudian terpilih ada 4 pasang calon ketua dan wakil ketua OSIS" tegasnya.
Suasana pemilihan ketua OSIS terasa seperti pilkada, pasalnya, peralatan pemilu lengkap tersedia. Mulai dari kertas suara, bilik maupun kotak suara hingga tinta untuk menandai pemilik suara yang sudah memberikan haknya dalam pemilihan. "Politik itu penting, karena anak-anak perlu pendidikan politik," terangnya.
PEMILU Ketua dan Wakil Ketua OSIS dilakukan dengan cara menyoblos foto Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang telah disediakan di TPS masing-masing. Kegiatan dipandu oleh Panitia yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum dan Pengurus OSIS lama. Pemilih memasuki TPS dengan cara mengantri, mereka baru diijinkan masuk setelah namanya dipanggil oleh Panitia.
Pemilihan ini memberikan pengalaman pada para siswa ketika nantinya menjadi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). "Walau masih di tingkat Tsanawiyah, tapi sudah diperkenalkan pemilu model di Indonesia. Anak-anak jadi mengetahui model pemilu di Indonesia ini," Ia juga mengungkapkan, jumlah siswa yang turut memberikan hak suaranya mencapai 400an siswa dan seluruh pendidik dan tenaga pendidik yang hadir hari ini juga telah memberikan hak suaranya. sebut Bapak Wakil Kesiswaan.
PEMILU Ketua dan Wakil OSIS pada hari ini berjalan lancar. Kegiatan selesai pada pukul 11.00 WIB. Setelah itu dilakukan proses penghitungan suara. Namun hasil perolehan suara masih dirahasiakan oleh panitia. 
(HumasMTsN40)

Posting Komentar

 
Top