Selamat Datang di MTsN 40 Jakarta || Instagram dan Twitter : @mtsn40jkt || Email : mtsn40jkt@kemenag.go.id

0

 


Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya, yaitu: Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma. Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.

Kegiatan Pembelajaran Ektrakulikuler Pramuka di MTsN 40 Jakarta Barat merupakan ektrakulikuler wajib untuk siswa kelas 7. Tujuan Pramuka pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Mengacu pada pengertian Pramuka di atas, adapun tujuannya adalah sebagai berikut;

  1. Membentuk karakter/ kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda.
  2. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda.
  3. Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakta dan negara.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan rangkaian kegiatan latihan rutin dan kegiatan praktik langsung dalam mengimplementasikan teori yang sudah diperoleh pada saat latihan. Salah satu bentuk kegiatan yang mengkombinasikan latihan dan praktik adalah perkemahan. Pada tanggal 9 - 10 Desember 2023 MTsN 40 Jakarta Barat mengadakan kegiatan PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu) di lingkungan MTsN 40 Jakarta Barat. Persami diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 yang sekaligus dilantik menjadi anggota Pramuka Penggalang Gugus Depan 06-285 dan 06-286 Pangkalan MTsN 40 Jakarta Barat, anggota pramuka pengglang kelas 8-9, para pembina gugus depan, dewan guru dan tamu undangan. 

Dalam sambutan pembukaan persami Ketua Majelis Pembina Gugus Depan (ka Mabigus) 06-285 dan 06-286 yang sekagus Kepala MTsN 40 Jakarta Barat Bapak Guntoro, S.Pd, M.PFis  menyampaikan bahwa tujuan pramuka adalah sangat mulia mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar: 
  1. Anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  2. Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  3. Anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  4. Anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

Persami berlangsung dari hari Sabtu (9 Desember 2023) pukul 07.30 WIB sampai Minggu (10 Desember 2023) pukul 11.00 WIB yang terdiri dari rangkaian kegiatan yang melatih dan mempraktikan ketrampilan kecakapan hidup, kolaborasi, etika (akhlakul karimah) dan kemandirian. Kegiatan tersebut di antara kegiatan hasta karya (memasak), wide game, pentas seni, api unggun, sholat berjama'ah,  olah raga bersama, out bond dan pencarian Tapel. 









Semua rangkaian kegiatan diikuti peserta persami dengan bahagia, penuh semangat dan rasa kekeluargaan yang kuat. Semoga kegiatan ini menjadikan dasar untuk kesuksesan bersama baik untuk siswa maupun MTsN 40 Jakarta (Humas : 11 Desember 2023)

Posting Komentar

 
Top